LOGO

BERITA

  • BEM STIKKU Laksanakan UKM Expo sebagai Aktualisasi Kampus Multikecerdasan

    BEM STIKKU Laksanakan UKM Expo sebagai Aktualisasi Kampus Multikecerdasan

    04 Nopember 2014 Admin

    Sudah hampir 4 minggu mahasiswa baru STIKKU menimba ilmu di kampus. Pasca pelaksanaan Program Pengenalan Perguruan Tingga yang dipungkas dengan acara inaugurasi atau Malam Keakraban, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIKKU sebagai wadah aktivitas mahasiswa STIKKU telah merencanakan program jauh hari sebelumnya yaitu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Expo. UKM Expo ini merupakan kegiatan dalam rangka rekrutasi para anggota baru berbagai UKM yang ada di STIKKU dengan sasaran para mahasiswa baru. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 6 Oktober 2013 yang lalu. UKM Expo dibuka langsung oleh Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan yaitu Cecep Heriana, S.KM didampingi oleh Kepala Bagian Kemahasiswaan Didin Saefudin, SP.

    Kegiatan UKM Expo kali ini cukup meriah dilaksanakan yaitu dengan membuat panggung dan tenda di pelataran depan gedung Rektorat sehingga mampu menampung jumlah mahasiswa yang banyak. Hampir 90% mahasiswa baru hadir dalam acara ini dan memberi apresiasi terhadap berbagai penampilan “kebisaan” yang ditunjukkan oleh para anggota UKM yang melakukan promosi dalam rangka rekrutasi anggotanya. Setidaknya ada 10 UKM yang melakukan promosi: 1) UKM Paramedis Siaga (PRAGA), 2) UKM Face Teenager, 3) UKM Lingkung Seni Sunda (Lises) Dewi Asri, 4) UKM Gerakan Mahasiswa Islam STIKKU (Gamisku), 5) UKM Mahasiswa Bengkel Seni STIKKU (Mabenstik) 6) UKM Unik, 7) UKM Science Passion Group (SPG), 8) UKM Pers Kampus, 9) UKM Poligastik, dan 10) UKM Paduan Suara Mahasiswa (PSM) STIKKU. Sebagai tambahan ada promosi dari UKM Karate yang relatif baru dan Pramuka. Masing-masing UKM secara acak sesuai undian mempertunjukkan kebolehan dan pemaparan program-programnya sehingga diharapkan semua mahasiswa STIKKU dapat terwadahi semua potensi, minat, dan bakatnya dalam berbagai UKM yang ada di lingkungan kampus. Setidaknya tagline yang selama ini menjadi Visi bidang kemahasiswaan STIKKU Sukses Belajar, Sukses Berorganisasi, dan Sukses Berkarir pada akhirnya bisa berkontribusi pada peningkatan softskill mahasiswa sekaligus merupakan media pendidikan karakter mahasiswa melalui pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler. Selain organisasi intrakampus, STIKKU juga sangat terbuka untuk mengakomodasi kehadiran organisasi kemahasiswa ekstrakampus sebagai wadah aktualisasi daya kritis mahasiswa seperti Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang beberapa waktu yang lalu telah ditetapkan sebagai Komisariat Otonomi yaitu Komisariat STIKKU, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), dan organisasi lainnya.

    Ketika dimintai komentarnya atas kegiatan ini, Ketua STIKKU menyambut gembira dengan dilaksanakannya UKM Expo ini. “Sejauh yang saya tahu hanya universitas yang besar-besar yang senantiasa mengadakan UKM Expo bagi mahasiswa barunya, seperti pengalaman saya dulu saat kuliah di UGM. Jadi apa yang dilakukan di STIKKU ini sudah sangat luar biasa. Kami mengakomodasi semua bentuk kreatifitas mahasiswa dalam berbagai bidang sehingga diharapkan adanya berbagai UKM ini sebagai aktualisasi dari Kampus Multikecerdasan. Berdasarkan teori Howard Gardner tentang Multiple Intelligences kita tahu bahwa pada dasarnya paling tidak ada 8 potensi yang dimiliki setiap individu yakni kecerdasan linguistik (verbal), kecerdasan visual spasial, kecerdasan logis-matematis, kecerdasan kinestetik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan musikal, dan kecerdasan naturalistik. Untuk setiap kecerdasan itu, UKM-UKM yang ada di STIKKU sudah lengkap apalagi dengan kehadiran Gugus Depan Pramuka baru di STIKKU nanti lengkap sudah pilihan bagi mahasiswa untuk bisa beraktifitas sesuai dengan potensi kecerdasannya masing-masing. Yang potensinya kecerdasan naturalistik ya ikut Pramuka atau mungkin nanti suatu saat ada Mahasiswa Pencinta Alam sebagai UKM baru, bagi yang suka seni gerak ada UNIK, Karate, Poligastik, dan Lises Dewi Asri, bagi yang suka seni musik ada Mabenstik, PSM, dan Lises; bagi yang potensinya kecerdasan visual spasial ada  Klub Fotografi dan Film Dokumenter, bagi kecerdasan logis matematis ada SPG karena ini kumpulan orang-orang serius ceritanya senang kajian, diskusi, riset,, bagi yang potensinya kecerdasan verbal/linguistik ada Face Teenager dan Pers Kampus, bagi yang potensinya pada kecerdasan intrapersonal ya ada GAMISKU, bagi yang potensinya kecerdasan interpersonal ada PRAGA. Jadi Insya Allah kampus ini benar-benar menjadi Kampus Multiple Intelligences atau Multikecerdasan“, demikian penjelasannya.

BERITA LAINNYA

Indeks